Pages

Wednesday 11 December 2013

Bogor Selayang Pandang (bag.1)

Lambang Kota Bogor
Lambang kota Bogor
Ada banyak hal yang bisa diceritakan dari kota ini. Sebuah kota bernama Bogor yang merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat Indonesia yang juga dikenal sebagai kota hujan. Terletak antara 106°43’30”BT - 106°51’00”BT dan 30’30”LS – 6°41’00”LS serta mempunyai ketinggian rata-rata minimal 190 meter dpl, maksimal 350 meter dpl  dengan jarak dari ibu kota kurang lebih 60 km dan diapit oleh 3 gunung besar di sekelilingnya.
Di kota ini Pernah berdiri dengan megah sebuah kerajaan yang bernama Padjadjaran. Kekuasaan dari kerajaan ini meliputi daerah Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung. Pakuan, pusat pemerintahan dari kerajaan Padjadjaran diyakini terletak di kota ini. 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari kerajaan Padjadjaran. Selanjutnya tanggal 3 Juni diperingati sebagai hari jadi kota Bogor.

Pada masa kolonial Belanda, kota ini bernama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Dan sesuai dengan namanya saat itu, Bogor atau Buitenzorg dimanfaatkan oleh pemerintahan Belanda sebagai tempat peristirahatan para jendral dan gubernur Belanda.

Kini Kota Bogor dikenal sebagai salah satu objek wisata Indonesia yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi. Ada beragam hal yang menjadi daya tarik dari kota ini, mulai dari situs-situs bersejarah hingga berbagai macam kuliner yang bisa dinikmati.
Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botan besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun Raya bogor menjadi salah satu objek penarik wisatawan juga dianggap sebagai paru-paru kota Bogor. Dikembangkan pada masa penjajahan Inggris, awalnya objek ini hanyalah pekarangan dari Istana Bogor yang kemudian diubah menjadi sebuah kebun yang cantik di bawah pemerintahan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. Bunga bangkai (Amorphophalus titanum) menjadi ikon yang khas dari Kebun Raya Bogor ini.

Istana Bogor
Istana Bogor
Salah satu dari enam Istana Kenegaraan Republik Indonesia juga terletak di kota Bogor. Istana Bogor mulai dibangun pada bulan Agustus 1744 oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff pada masa kolonial Belanda sebagai tempat peristirahatan. Salah satu yang unik dari Istana Bogor ialah kebaradaan hewan-hewan rusa yang dipelihara di halaman istana.

Beragam kuliner khas kota Bogor di antaranya toge goreng, soto kuning, doclang, cungkring, asinan, laksa, soto mie, dan es pala siap untuk anda cicipi.

Berbagai jenis satwa penghuni Taman Safari Bogor menemani di sejuknya suasana daerah Puncak, tepatnya di kecamatan Cisarua Bogor.

Universitas-universitas tua berdiri dengan kokoh di berbagai penjuru kota Bogor siap untuk mencetak generasi penerus bangsa.

Selamat datang di kota hujan, rumah dari ratusan ekor rusa dan ratusan spesies tanaman, kota yang dirangkul oleh 3 gunung, saksi dari sejarah Indonesia.

Kota Bogor dan Gunung Salak


No comments:

Post a Comment