Pages

Monday 16 December 2013

Bogor Selayang Pandang (bag.2)

Tugu Kujang Bogor
Tugu Kujang Bogor

Jika pada artikel bagian pertama kita membahas mengenai Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, dan beberapa kuliner khas Bogor secara singkat, kali ini akan kita lanjutkan dengan beberapa hal menarik lainnya mengenai "si Kota Hujan" ini.

Yang pertama, apakah anda tahu apa nama senjata tradisional dari wilayah Jawa Barat yang paling identik dengan Kota Bogor? Jawabannya pastilah Ujang Kujang. Senjata yang meliuk ini umumnya mempunyai panjang 20-25 cm dengan berat kurang lebih 300 gram. Kujang menjadi senjata tradisional masyarakat Sunda dan telah dibuat sejak sekitar abad ke-9. Kenapa kujang ini menjadi sangat identik dengan Kota Bogor? Selain karena Bogor merupakan bagian dari tanah sunda, hal tersebut juga disebabkan karena di kota ini terdapat sebuah monumen berupa tugu dengan puncaknya menyerupai bentuk kujang raksasa. Tugu ini sudah berdiri sejak selesai dibangun. Mulai dibangun pada 4 Mei 1982, tugu ini terletak di Jalan Pajajaran dan saat ini posisinya berada tepat di depan area Gedung (Mall) Botanical Square .

Dari Kujang beralih ke Kijang. Hewan bertanduk yang punya nama Kujang Kijang atau Rusa ini menjadi tuan rumah istimewa dari Istana Bogor. Dan setelah saya membaca artikel di sini (silakan diklik), ternyata Rusa dan Kujang Kijang adalah dua spesies yang berbeda meskipun keduanya sama-sama berasal dari keluarga Cervidae. Di Bogor juga terdapat tempat penangkaran hewan uncal (bahasa sunda dari hewan rusa), tepatnya di Cariu, Desa Buana Jaya - Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor.

Kawasan Puncak Bogor
Kawasan Puncak Bogor
Selanjutnya kita berlanjut ke puncak pembahasan, kita akan membahas tentang puncak. Puncak yang dimaksud adalah kawasan Puncak Bogor yang berada di sekitar perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Beberapa objek wisata yang terdapat di kawasan Puncak di antaranya adalah perkebunan teh Gunung Mas, Taman Safari Indonesia, Kebun Bunga, dan Masjid At-Ta'awun serta suguhan aksi petugas yang sedang membongkar vila-vila liar (eh..).

Tulisan pada prasasti Batutulis
Tulisan pada prasasti Batutulis
Di kota Bogor juga terdapat beberapa prasasti peninggalan masa kerajaan, dan yang paling terkenal ialah prasasti Batutulis. Situs dari prasasti ini terletak di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis , Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Prasasti ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Sunda dari tahun 1533 dan dituliskan dalam bahasa sunda kuno.

Terakhir ada kawasan Sentul dengan segala isinya. Sentul International Convention Center, Sirkuit Internasional Sentul serta taman bermain Jungleland ada di kawasan ini. Kawasan Sentul ini memiliki luas kira-kira 3000 hektare dan berada di Kabupaten Bogor , di sebelah timur Kota Bogor. Dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk. sejak 1993, kini Sentul telah menjadi salah satu area hunian, wisata, dan industri penting di Indonesia.

Ya, itulah beberapa objek menarik dari "si Kota Hujan". Menarik bukan? Menarik tidak menarik harus menarik karena itulah objek-objek menarik di kota Bogor.
Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Selamat Menjelajah!


4 comments:

  1. No words can be described about this blog. i just can say... awesome...
    blog logo nya keren. templatenya simple dan nyaman. pemilihan templatenya jg bagus. Km masuk dalam blogger of the week UIKA smstr 1. congratulation.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu logonya 'visit Bogor', dapet nyomot dari gugel..

      Delete
    2. bah... plagiat donk ya. hahaha

      Delete
    3. Bisa jadi...
      Aselinya yang ini
      http://rendy.tanu07.alumni.ipb.ac.id/files/2010/06/LOGO.jpg

      Delete